1.Biologi
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami
hakikat biologi sebagai
ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah. |
Menjelaskan
objek dan permasalahan Biologi.
|
2.
|
Menjelaskan
ciri-ciri makhluk hidup
dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya. |
Mengidentifikasi
ciri-ciri organisme dari kelompok
protista/jamur. |
Mengidentifikasi
peran virus/Archaebacteria/
Eubacteria bagi kehidupan manusia. |
||
Menentukan
dasar pengelompokan mahluk hidup.
|
||
Menjelaskan
tujuan dari upaya pelestarian
keanekaragaman hayati tertentu. |
||
Mengidentifikasi
invertebrata berdasarkan ciri-
cirinya. |
||
Mengidentifikasi
cara perkembangbiakan
invertebrata. |
||
Mengidentifikasi
ciri-ciri kelompok hewan/tumbuhan.
|
||
3.
|
Menganalisis
hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta
peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.
|
Menganalisis
hubungan antar komponen ekosistem.
|
Menjelaskan
aliran energi atau daur biogeokimia.
|
||
Menjelaskan
keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran
lingkungan .
|
||
4.
|
Menjelaskan
struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi
jaringan.
|
Menjelaskan
struktur sel/komponen kimiawi sel/ proses yang terjadi pada sel.
|
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi organel sel tumbuhan/hewan.
|
||
Mengidentifikasi
jaringan tumbuhan/hewan sesuai fungsinya.
|
||
5.
|
Menjelaskan
struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang
mungkin terjadi pada organ tersebut.
|
Menjelaskan
mekanisme gerak otot dan tulang/ sendi pada manusia.
|
Menjelaskan
sistem peredaran darah pada manusia/gangguannya.
|
||
Menjelaskan
sistem pencernaan makanan pada manusia/gangguannya.
|
||
Menjelaskan
sistem pernapasan pada manusia/ gangguannya.
|
||
Menjelaskan
sistem ekskresi pada manusia/ gangguannya.
|
||
Menjelaskan
sistem regulasi pada manusia.
|
||
Menjelaskan
sistem indera pada manusia.
|
||
Menjelaskan
sistem reproduksi manusia.
|
||
6.
|
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang
terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan/ pengamatan.
|
Menginterpretasi
hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
|
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
|
||
7.
|
Mendeskripsikan
proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis.
|
Menjelaskan
ciri-ciri/cara kerja enzim dalam proses metabolisme tubuh.
|
Menjelaskan
proses metabolisme karbohidrat.
|
||
Menjelaskan
tahapan proses fotosintesis pada tumbuhan.
|
||
Menjelaskan
proses kemosintesis (respirasi anaerob).
|
||
8.
|
Memahami
konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip- prinsip
hereditas dan peristiwa mutasi.
|
Menentukan
susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
|
Menjabarkan
proses sintesis protein.
|
||
Menjelaskan
tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis.
|
||
Menginterpretasikan
persilangan dengan hukum Mendel.
|
||
Menginterpretasi
persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.
|
||
Mengidentifikasi
pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
|
||
Mengidentifikasi
peristiwa mutasi.
|
||
9.
|
Menjelaskan
teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains.
|
Menjelaskan
teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
|
Menjelaskan
prinsip-prinsip penting pada mekanisme evolusi.
|
||
10.
|
Menjelaskan
prinsip-prinsip dan peranan bioteknologi pada saling temas.
|
Menjelaskan
peran bioteknologi.
|
Menjelaskan
contoh bioteknologi konvensional/modern.
|
||
Menjelaskan
dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan.
|
2. BAHASA
INDONESIA SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
MembacaMemahami
isi dan bagian-bagian paragraf suatu artikel teks nonsastra, tajuk rencana,
laporan, karya ilmiah, teks pidato, biografi tokoh, serta berbagai bentuk dan
jenis paragraf nonteks; memahami teks sastra berbentuk puisi lama, puisi
baru, hikayat/sastra Melayu klasik, cerpen, novel, dan drama.
|
Menentukan
unsur-unsur paragraf, ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas.
|
Menentukan
isi paragraf: fakta, opini, pernyataan/jawaban pertanyaan sesuai isi, tujuan
penulis, arti kata/istilah, isi biografi.
|
||
Menentukan
opini penulis dan pihak yang dituju dalam tajuk rencana/editorial.
|
||
Menentukan
isi dan simpulan grafik, diagram atau tabel.
|
||
Menentukan
unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik sastra Melayu klasik/hikayat.
|
||
Menentukan
unsur-unsur intrinsik/ekstrinsik novel/cerpen/drama.
|
||
Menentukan
unsur-unsur intrinsik puisi.
|
||
Menentukan
isi puisi lama, pantun, gurindam.
|
||
2.
|
MenulisMengungkapkan
pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam berbagai jenis dan
bentuk paragraf, teks pidato, surat resmi, dan karya ilmiah dengan
mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, kepaduan,
ketepatan kalimat, penggunaan bahasa, diksi, struktur kalimat, dan ejaan;
mengungkapkan pikiran dan gagasan dalam bentuk puisi, cerpen, novel, drama,
kritik, esai, dan resensi.
|
Menulis
paragraf padu.
|
Melengkapi
berbagai bentuk dan jenis paragraf dengan kalimat yang padu.
|
||
Melengkapi
teks pidato.
|
||
Melengkapi
paragraf dengan kata baku, kata serapan, kata berimbuhan, kata ulang,
ungkapan, peribahasa.
|
||
Menyunting
penggunaan kalimat/frasa/ kata penghubung/istilah dalam paragraf.
|
||
Menulis
surat resmi.
|
||
Menyunting
kalimat dalam surat resmi.
|
||
Menulis
judul sesuai EYD.
|
||
Menulis
karya ilmiah (latar belakang dan rumusan masalah).
|
||
Melengkapi
larik puisi lama/baru (dengan kata kias/berlambang/berima/bermajas).
|
||
Melengkapi
dialog drama.
|
||
Menentukan
kalimat resensi.
|
||
Menentukan
kalimat kritik.
|
||
Menentukan
kalimat esai.
|
3.BAHASA
INGGRIS SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
LISTENING (Mendengarkan)
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan
transaksionalsecara formal maupun informal dalam konteks kehidupan
sehari-hari, terutama dalam bentuk teks
fungsional
pendek, recount, news item, report, narrative, descriptive dan review.
|
Menentukan
gambaran umum atau informasi tertentu/ rinci dari sebuah percakapan
interpersonal/ transaksional secara formal atau informal.
|
Menentukan
respon yang tepat terhadap percakapan transaksional/interpersonal secara
formal atau informal.
|
||
Menentukan
gambar yang tepat sesuai dengan informasi yang ada di dalam percakapan interpersonal/transaksional
secara formal atau informal.
|
||
Menentukan
gambar yang sesuai dengan teks monolog yang diperdengarkan.
|
||
Menentukan
gambaran umum atau informasi tertentu/ tersirat/rinci dari sebuah teks
monolog yang diperdengarkan.
|
||
2.
|
READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana tertulis secara formal maupun informal
dalam konteks kehidupan sehari-hari, dalam bentuk teks fungsional pendek,
recount, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition,
explanation, discussion dan review.
|
Menentukan
gambaran umum atau informasi rinci/tersirat/tertentu atau makna
kata/frasa/kalimat atau pikiran utama paragraph/ rujukan kata atau tujuan
komunikatif dari teks fungsional pendek berbentuk letter/e-mail.
|
Menentukan
gambaran umum atau informasi tertentu/ rinci/tersirat atau rujukan kata atau
makna kata/frasa dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement/brochure.
|
||
Menentukan
gambaran umum atau informasi tertentu/rinci/tersirat atau makna
kata/frasa/kalimat atau tujuan komunikatif/pikiran utama paragraf/rujukan
kata dari teks tertulis berbentuk news item.
|
||
Menentukan
informasi tertentu/rinci/tersirat atau makna kata/frasa/kalimat atau gambaran
umum/tujuan komunikatif/pikiran utama paragraf/ rujukan kata dari teks
tertulis berbentuk recount.
|
||
Menentukan
gambaran umum atau informasi tertentu/ tersirat/rinci atau tujuan komunikatif
atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/ pikiran utama paragraf
dari teks tertulis berbentuk explanation.
|
||
Menentukan
gambaran umum atau informasi tertentu/ tersirat/rinci atau pikiran utama
paragraf atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/tujuan komunikatif
dari teks tertulis berbentuk exposition.
|
||
Menentukan
gambaran umum atau informasi tertentu/ tersirat/rinci atau tujuan komunikatif
atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/ pikiran utama paragraf dari
teks tertulis berbentuk review.
|
||
Menentukan
gambaran umum atau pikiran utama paragraf atau informasi
tersirat/tertentu/rinci atau tujuan komunikatif atau makna kata/frasa/kalimat
atau rujukan kata dari teks tertulis berbentuk discussion.
|
||
Menentukan
gambaran umum/tujuan komunikatif/ pikiran utama paragraf atau informasi
tersirat/rinci/tertentu atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata dari
teks tertulis berbentuk report.
|
||
Menentukan
gambaran umum atau informasi tertentu/rinci/tersirat atau makna
kata/frasa/kalimat atau rujukan kata dari teks fungsional pendek berbentuk announcement/message
|
||
3
|
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis secara formal maupun informal
dalam konteks kehidupan sehari-hari, dalam bentuk teks fungsional pendek
atau esai berbentuk recount, narrative, procedure, descriptive dan
report.
|
Menyusun
beberapa kalimat secara acak menjadi sebuah teks berbentuk recount/procedure/narrative/
descriptive dan report.
|
Melengkapi
3 rumpang pada teks pendek berbentuk recount/
procedure/narrative/descriptive/report dengan kosa kata/frasa yang
sesuai.
|
4.KIMIA
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
l.
|
Mendeskripsikan struktur atom, sistim periodik
unsur dan ikatan kimia untuk
mendeskripsikan struktur molekul, sifat-sifat unsur dan senyawa.
|
Menentukan
notasi unsur dan kaitannya dengan struktur atom, konfigurasi elektron, jenis ikatan
kimia, rumus molekul, bentuk molekul dan sifat senyawa yang dapat dihasilkannya, serta letak unsur dalam tabel periodik.
|
Mendeskripsikan jenis ikatan kimia atau gaya antarmolekul dan sifat-sifatnya.
|
||
2.
|
Menerapkan hukum-hukum dasar
kimia untuk memecahkan masalah dalam perhitungan
kimia.
|
Menyelesaikan perhitungan kimia yang berkaitan dengan hukum dasar kimia.
|
Menjelaskan persamaan suatu reaksi kimia .
|
||
3.
|
Mendeskripsikan sifat-sifat larutan, metode pengukuran
dan terapannya.
|
Mendeskripsikan daya hantar listrik.
|
Mendeskripsikan konsep
pH larutan.
|
||
Menjelaskan titrasi
asam basa
|
||
Mendeskripsikan sifat
larutan penyangga.
|
||
Mendeskripsikan hidrolisis garam
dan Ksp.
|
||
Mendeskripsikan sifat-sifat koligatif larutan.
|
||
Mendeskripsikan sistem dan sifat koloid serta penerapannya.
|
||
4.
|
Mendeskripsikan senyawa organik
dan makro melekul
|
Mendeskripsikan struktur senyawa Benzene dan turunannya, serta kegunaannya.
|
Mendeskripsikan senyawa karbon
termasuk identifikasi,
reaksi dan
kegunaannya.
|
||
Mendeskripsikan makromolekul (Karbohidrat,
Protein, Polimer)
dan kegunaannya
|
||
5.
|
Mendeskripsikan perubahan energi, cara pengukuran dan penerapannya.
|
Menseskripsikan
reaksi eksoterm dan reaksi
endoterm.
|
Menentukan kalor reaksi.
|
||
6.
|
Mendeskripsikan kinetika
reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor yang memengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
|
Menentukan laju reaksi.
|
Mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat memengaruhi kinetika suatu reaksi dan kesetimbangannya
|
||
Menentukan KclKp.
|
||
7.
|
Mendeskripsikan reaksi oksidasi- reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mendeskripsikan reaksi reduksi dan reaksi oksidasi.
|
Mendeskripsikan diagram sel.
|
||
Mengaplikasikan hukum faraday.
|
||
Mendeskripsikan fenomena korosi dan pencegahannya
|
||
8.
|
Mendeskripsikan unsur-unsur penting, terdapatnya di alam, pembuatan dan kegunaannya.
|
Mendeskripsikan unsur-unsur penting yang ada di alam termasuk unsur radioaktif.
|
Mendeskripsikan cara
memperoleh unsur-unsur penting dan kegunaannya.
|
5.
MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan
logika matematika dalam pemecahan masalah
|
Menentukan
penarikan kesimpulan dari beberapa premis.
|
Menentukan
ingkaran atau kesetaraan dari pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor.
|
||
2.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi
aljabar sederhana, fungsi kuadrat, fungsi eksponen dan grafiknya, fungsi
komposisi dan fungsi invers, sistem persamaan linear, persamaan dan
pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan garis singgungnya,suku
banyak, algoritma sisa dan teorema pembagian, program linear, matriks dan
determinan, vektor, transformasi geometri dan komposisinya, barisan dan
deret, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menggunakan
aturan pangkat, akar, dan logaritma.
|
Menggunakan
rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
|
||
Menyelesaikan
masalah persamaan atau fungsi kuadrat dengan menggunakan diskriminan.
|
||
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan sistem persamaan linear.
|
||
Menentukan
persamaan lingkaran atau garis singgung lingkaran.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan teorema sisa atau teorema faktor.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan komposisi dua fungsi atau fungsi invers.
|
||
Menyelesaikan
masalah program linear.
|
||
Menyelesaikan
operasi matriks.
|
||
Menyelesaikan
operasi aljabar beberapa vektor dengan syarat tertentu.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan besar sudut atau nilai perbandingan
trigonometri sudut antara dua vektor.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan panjang proyeksi atau vektor proyeksi.
|
||
Menentukan
bayangan titik atau kurva karena dua transformasi atau lebih.
|
||
Menentukan
penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau logaritma.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponen atau fungsi logaritma.
|
||
Menyelesaikan
masalah deret aritmetika.
|
||
Menyelesaikan
masalah deret geometri.
|
||
3.
|
Menentukan
kedudukan, jarak dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang
dalam ruang.
|
Menghitung
jarak dan sudut antara dua objek (titik, garis dan bidang) di ruang dimensi
tiga.
|
4.
|
Menggunakan
perbandingan, fungsi, persamaan, identitas dan rumus trigonometri dalam
pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan
masalah geometri dengan menggunakan aturan sinus atau kosinus.
|
Menyelesaikan
persamaan trigonometri.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan nilai perbandingan trigonometri yang menggunakan
rumus jumlah dan selisih sinus, kosinus dan tangen serta jumlah dan selisih
dua sudut.
|
||
5.
|
Memahami
konsep limit, turunan dan integral dari fungsi aljabar dan fungsi
trigonometri, serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menghitung
nilai limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.
|
Menyelesaikan
soal aplikasi turunan fungsi.
|
||
Menentukan
integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan fungsi
trigonometri.
|
||
Menghitung
luas daerah dan volume benda putar dengan menggunakan integral.
|
||
6.
|
Mengolah,
menyajikan dan menafsirkan data, serta mampu memahami kaidah pencacahan,
permutasi, kombinasi, peluang kejadian dan mampu menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
|
Menghitung
ukuran pemusatan atau ukuran letak dari data dalam bentuk tabel,
diagram atau grafik.
|
Menyelesaikan
masalah sehari-hari dengan menggunakan kaidah pencacahan, permutasi atau
kombinasi.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
|
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete